Sunday, October 11, 2009




Pantai Celong sebagai objek wisata bahari (kelautan) telah disepakati oleh Komisi C DPRD yang digagasi Kantor Pariwisata Kabupaten. Pantai yang terletak di Dusun Mangunsari, Desa Kedawung, Kecamatan Limpung itu dipenuhi batu karang sehingga menambah keindahan panorama alamnya. Untuk menuju ke tempat itu juga mudah. Dari Pantura Banyuputih ke utara lewat jalan beraspal, sehingga kendaraan bermotorpun bias mengakses jalan tersebut.

Suasana pantai Celong benar-benar alami, bahkan jalan menuju ke arah pantai dipenuhi oleh ribuan tanaman karet serta di tepi pantainya dilewati jalur kereta api yang menuju ke arah Pekalongan.

Karena itu diharapkan Kantor Pariwisata benar-benar serius merancang pantai tersebut. Dengan demikian, dapat menambah jumlah objek wisata bahari untuk meraup kunjungan wisatawan di Kabupaten Batang.

Dua objek wisata bahari yang telah ada, yaitu Pantai Sigandu di Kecamatan Batang dan Ujungnegoro di Tulis. Setiap Minggu atau hari libur, dua tempat itu selalu ramai dikunjungi wisatawan local maupun dari luar kota Batang.

Dalam pengembangan Pantai Celong, nantinya diharapkan tidak sekadar sebagai objek wisata bahari, akan tetapi, dengan kondisi alamnya bisa dimanfatkan sebagai arena untuk bidang pendidikan dan keterampilan seperti kegiatan kemah ataupun out bond.

Untuk menuju ke pantai Celong sangatlah mudah, dengan jalan beraspal dan sarana transportasi yang sepadan dengan jalur pantura, memudahkan pengunjung. Apalagi, lewat perkebunan karet yang jika dilihat berbukit-bukit dan udaranya yang sejuk.

Pembangunan pantai celong ini diharapkan masyarakat Batang tidak perlu berlibur ke luar daerah. Namun, cukup mengunjungi objek wisata di daerah sendiri.

Banyak pengunjung yang datang ke pantai celong. Biasanya pada hari Minggu atau hari libur akan ramai dikunjungi. Tidak hanya dari Batang tetapi juga dari Semarang, Kendal, Sukorejo, Bawang, Reban, atau Limpung. Rata-rata mereka mengunjungi pantai celong untuk memancing sambil duduk di atas batu karang.

Situs Sejarah

Pantai Celong selain panorama alamnya indah, juga mempunyai nilai sejarah. Menurut cerita, di sanalah kali pertama wangsa Syailendra mendarat di tanah Jawa. Yang kemudian dalam perkembangannya membangun Candi Borobudur di Magelang.

Atas dasar sejarah tersebut, saat ini sudah ada yayasan yang akan mengembangkan Pantai Celong. Nantinya, tidak hanya akan menjadi objek wisata bahari namun juga wisata budaya.

Semoga dengan pembangunan pantai celong sebagai objek wisata bahari dan wisata budaya dapat mencitrakan Kabupaten Batang sebagai kota yang indah dan nyaman.

2 comments:

Post a Comment