Tuesday, September 15, 2009

mimbar guru bisis 21

Pahit Manis Teknologi Komunikasi-Informasi
by Nurudin Fajar, Guru Sejarah, dari berbagai sumber


Sejak dulu manusia sudah menggunakan teknologi, seseorang menggunakan dan menciptakan teknologi karena manusia berakal. Akal inilah yang membedakan manusia dengan makhluk Allah lainnya. Dengan akalnya ia berusaha keluar dari masalah yang dihadapi, ingin hidup lebih baik, lebih aman, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena manusia menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi. Meminjam istilahnya seorang sosiolog barat “ Challenge and respon (tantangan dan jawaban)” dalam artian di kehidupan nyata setiap tantangan yang dihadapi, manusia senantiasa mencari solusi, jawaban untuk menyelesaikannya. Sebagai contoh ketika sakit maka kita akan berusaha untuk mencari obat agar sembuh. Maka berkembanglah kedokteran-ilmu farmasi dan pabrik-pabrik farmasi.
Kemajuan teknologi akan berjalan seiring dengan waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan. Sejak Revolusi Industri di Inggris hingga sekarang perkembangan teknologi begitu luar biasa pesatnya. Perkembangan berbagai disiplin ilmu pengetahuan terutama eksakta berpengaruh besar tehadap kemajuan teknologi. Penemuan, variasi dan inovasi-inovasi baru selalu muncul. Ini tidak lepas dari sifat manusia yang selalu ingin tau dan mengekspresikan diri.
Perkembangan IPTEK dengan euforianya yang sangat mengagumkan memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Beberapa pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup dominan, kini relatif bisa diwakilkan dengan mesin-mesin otomatis yang canggih, lebih cepat, mudah dan produktif. Disamping itu dengan ditemukannya perangkat computer seolah-olah telah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai aktivitas kehidupan. Singkat kata kemajuan IPTEK sangat berperan besar dalam sendi-sendi kehidupan manusia untuk mendapatkan suatu kemudahan dan kenyamanan hidup.
Salah satu teknologi yang dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah informasi dan komunikasi. Hal ini bisa kita lihat fenomena disekitar dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyaknya orang yang punya peralatan elektronik, telpon genggam dengan berbagai merk fasilitas yang disajikan dan variasinya, menjamurnya warnet, perlengkapan serba computer dalam membantu pekerjaan manusia dan sebagainya. HP dan computer bukan lagi termasuk barang yang mewah seperti pada awal kemunculannya. Kita bisa amati di masyarakat hampir semua lapisan masyarakat dari presiden sampai penjual duren, dari menteri sampai penjual sapi dan anak-anak sekolah hampir semuanya mempunyai HP bahkan lebih dari satu. Seakan-akan setiap orang mempunyai wartel sendiri. Ditambah lagi dengan kian kompetitifnya para operator telpon seluler membuat pengguna HP lebih banyak alternative pilihan dan tarif yang relative murah sebab “perang tarif” antar operator tidak dapat dihindari.
Disamping HP perkembangan computer dan internet tdak dapat dipandang sebelah mata. Baru-baru ini di televisi diberitakan hingga tahun 2009 tercatat kurang lebih30 juta orang pengguna internet di Indonesia. Hal ini wajar sebab banyaknya warnet, tarif internet yang relative terjangkau, butuhnya orang akan informasi dan hiburan. Bahkan sekarang sudah ada beberapa HP yang menyediakan fasilitas internet dengan tarif yang tidak terlampau jauh dibandingkan di warnet. Jadi kapan dan dimana saja kita bisa menggunakan jasa internet.
Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Komputer menjadi sarana komunikasi efektif.
Kehadiran bisnis internet telah merubah pola komunikasi. Kiriman surat semakin berkurang karena orang lebih banyak berkirim surat dengan e-mail. Orang sekarang bisa mengobrol dari dalam kamarnya dengan siapa saja tanpa batas ruang dan waktu. Program internet relay chatting (IRC) yang tersedia dalam komputer bisa diakses dengan internet, dan si pemakai bisa menghubungi siapa saja, apakah teman chatting berasal dari kota yang sama atau di kota lain di seluruh dunia.
Internet semakin mengurangi pengggunaan mesin faksimili dan surat, karena dokumen dapat dikirim dalam waktu yang sangat cepat dengan e-mail. Dokumen dapat dikirim pada banyak orang di seluruh dunia. Penghematan yang sungguh luar biasa dari segi waktu biaya dan tenaga.
Komputer sebagai pusat informasi. Tersedianya website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai suatu pusat informasi. Komputer yang terhubungi oleh internet menjadi guru buat semua orang. Hampir semua jenis informasi bisa dicari dari internet. Kini pengguna komputer dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai bidang ilmu dengan mudah. Di beberapa perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, sudah banyak dosen yang menyimpan catatan kuliah, artikel jurnal, dan bahan bacaan lainnya di dalam homepage pribadi mereka. Mahasiswa dapat dengan leluasa membuka homepage tersebut dan membaca serta mencetak artikel untuk keperluan studi mereka. Masih banyak lagi hal-hal lain yang merupakan manfaat internet dan teknologi komputer pada kehidupan manusia. Misalnya mempermudah dalam pelayanan public, dengan bantuan komputer dan internet transfer uang dan pelayanan di bank, jual-beli semakin cepat dan mudah bahkan dalam hitungan sekian detik dengan system online. Transaksi di dunia maya lebih mudah dan cepat meskipun resiko tetap ada.
Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh alat komunikasi yang setiap waktu berinovasi menjadi “sihir dan magnet” yang bisa membuat pola hidup kita bermetamorfosis. Namun demikian ada efek-efek negatif yang ditimbulkan dari semakin berkembangnya teknologi komunikasi -informasi, diantaranya:
• Semakin mudahnya mengakses situs-situs negatif dalam hal ini pornografi. Ini tentunya sangat membahyakan moral anak-anak dan generasi muda kita.
• Pemikiran, faham dan informasi dari luar mudah sekali masuk tanpa adanya filter dan dinding penghalang. Hal ini dikawatirkan akan membawa pengaruh atau hal-hal negative.
• Teknologi komunikasi-informasi bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan atau yang lebih dikenal dengan sebutan cybercrime. Misalnya transaksi prostitusi melalui dunia maya (internet) dan aksi terorisme.
• Pola interaksi social berubah.
• Pada alat komunikasi tertentu misalnya HP konon katanya bila pemakaian terlalu sering akan menyebabkan kanker.
Kesimpulan.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam dunia ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan. Tentunya di era globalisasi kita tidak mau dianggap sebagai generasi yang gaptek (gagap teknologi) dengan malas mempelajari dan anti teknologi. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat bagi kemaslahatan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Masyarakat sangat menikmati berbagai kemudahan, kenyamanan dan kecepatan untuk mendapatkan informasi-komunikasi tidak hanya dalam negeri tapi internasional.
Namun demikian tdak dapat dipungkiri, manusia tidak bisa menutup mata dan telinga akan realita yang dihadapi bahwa selain sangat bermanfaat teknologi juga mendatangkan berbagai efek negative bagi manusia. Oleh karena itu untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak negative yang ditimbulkan kita harus mempunyai filter. Diantaranya ajaran agama (iman dan taqwa) IPTEK tanpa agama akan salah arah serta norma-norma yang berlaku mulai dari norma kesopanan, kesusilaan hingga norma hukum. Pemerintah juga perlu memblokir situs-situs yang negative dan dianggap bisa membahyakan Negara. Meskipun hal ini bukan tanpa kendala. Semua itu berpulang pada hati nurani kita, apakah ingin menggunakan teknologi untuk hal-hal yang positif ataukah negative?

..baca Mimbar Guru BISIS Edisi 20

KemBali ke halaman Awal

0 comments:

Post a Comment